Sederet Tentang Keylogger Bekerja Dan Bagaimana Cara Menghindarinya

0 3

Keylogger adalah metode atau teknik pembajakan yang dilakukan dengan merekam aktivitas pada keyboard komputer. Jika software Keylogger terinstall pada komputer, maka peretas dapat menyimpan setiap ketikan pada keyboard komputer. Misalnya, ketika Anda mengetik Nama User dan Kata Sandi pada Media Sosial, Kata Sandi E-banking dan lainnya, semua itu akan terekam pada Keylogger.

Di era teknologi yang begitu pesat seperti pada saat ini, bayangan serangan dunia maya selalu menghantui keamanan data. Tidak hanya informasi pribadi, tetapi semua sistem data juga dapat diretas dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jadi bagaimana cara kerja Keylogger? Bagaimana cara menghindarinya? Kalian harus baca sampai selesai, karena artikel ini akan mengupas tuntas tentang Keylogger secara ringkas dan jelas. Simak sampai selesai, ya!

Bagaimana Keylogger Bekerja

Software Keylogger yang berhasil diinstal pada komputer korban akan bekerja tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Ini berarti bahwa keylogger hanya diketahui oleh orang yang telah menginstalnya.

Software Keylogger akan merekam semua aktivitas pada keyboard di komputer korban, lalu semua itu disimpan di log file. Bahkan Software Keylogger secara otomatis dapat mengirimkan data ke pemilik spyware secara langsung.

Berikut adalah cara kerja peretas dengan menggunakan Software Keylogger:

  1. Software Keylogger bisa terinstal sendiri ketika pengguna mengklik tautan atau membuka file dari email phishing.
  2. Software Keylogger juga bisa terinstal melalui skrip halaman web. Ini terjadi ketika pengguna browser mengunjungi laman web tersebut lalu pengguna mengakses situs web tersebut .
  3. Setelah mengklik tautan atau file, device korban akan secara otomatis menginstal software Keylogger tanpa sepengetahuan pemiliknya.
  4. Software Keylogger akan melakukan pengintaian dan merekam semua kegiatan pada ketukan keyboard korban, termasuk kata sandi, akses ke sistem yang dirahasiakan sampai informasi saldo bank mereka.
  5. Software Keylogger akan mencatat semua kegiatan korban dari jauh.
Baca Juga:  VSCO Cam: Aplikasi Fotografi Mobile yang Memukau

Bagaimana Cara Menghindari KeyLoggers

Setelah mengetahui bahaya Keylogger, Anda harus lebih waspada untuk menghindari serangan tersebut. Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari Keylogger:

Menerapkan Metode Autentikasi Keselamatan Dua-Faktor

Metode Autentikasi Keselamatan Dua-Faktor adalah langkah perlindungan ganda untuk melindungi keselamatan akun kamu. Untuk dapat meakses sistem, Anda harus memasukkan suatu kode verifikasi yang dikirim oleh sistem itu sendiri sebagai otentikasi tambahan. Ini akan meminimalkan terjadinya peretasan karena kode yang digunakan umumnya hanya digunakan sekali.

Memperbarui Software

Software Versi terbaru akan memiliki keamanan software yang lebih baik dari versi sebelumnya. Sistem keamanan akan terus dikembangkan sehingga software tidak akan rentan terhadap serangan siber. Karena itu, Anda harus memperbarui sistem operasi, browser dan aplikasi yang sering Anda gunakan.

Memperkuat kata sandi

Anda dapat memperkuat kata sandi dengan menggabungkan huruf kapital, huruf kecil, simbol dan angka. Gunakan karakter yang panjang sehingga tidak mudah diprediksi oleh peretas. Selain itu, tidak disarankan untuk menggunakan kata sandi yang sama di banyak akun.

Gunakan Software Anti-Spyware dan Keylogger

Program atau perangkat lunak Anti-Spyware akan membantu mendeteksi software dari peretasan Keylogger. Selama keylogger dalam bentuk perangkat lunak, pemakaian anti-spyware sangat efektif dalam memelihara perangkat komputer. Ada banyak perangkat lunak gratis yang dapat Anda pilih, seperti Avast Free, AVG Free, SpywareBlaster, SUPERAntiSpyware, dll.

Leave A Reply

Your email address will not be published.