Cara Membuat Approval di Google Form

0 427

Membuat approval di google form. Dijaman yang semakin canggih seperti ini pada suatu perusahaan atau intansi terkait kita sudah tidak asing lagi dalam menggunakan approval, baik itu untuk kepentingan ijin, persetujuan, pengajuan dan lain-lain.

Google approval dewasa ini sering banyak digunakan oleh semua perusahaan. Dengan sistem yang berbasis web, approval di google form ini bisa menghemat kertas, betapa tidak setiap perusahaan yang telah beralih ke google approval bisa menghemat budget perusahaan.

Berikut ini kami akan jelaskan langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk membuat approval di google form.

Berikut Langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk memulainya:

  1. Masuk Google

Langkah pertama kalian yaitu harus masuk ke akun google.com. Setelah itu kalian pilih Google Drive pada titik sembilan pada area sebelah kanan atas browser anda.

  1. Membuat New Form

Setelah kalian berhasil masuk ke Google Drive kalian bisa pilih Baru/New pada are sebelah kiri atas browser anda. Pilih Google Formulir/Google Form.

  1. Mulai Mengisi Format Form

Mengisi nama judul Form, menambahkan deskripsi form.
Pada tab sebelah kanan kalian bisa menambahkan Import pertanyaan dengan menekan tombol plus (+) untuk menambahkan item lainnya, untuk menambahkan judul dan deskripsi, Tambahkan gambar, Tambahkan video dan Tambahkan bagian bisa menekan item dibawahnya. Jangan lupa mengaktifkan tombol “Wajib Diisi/Required” aga form yang diminta tidak bisa dikosongkan.

Lakukan pengisian form sesuai format form yang kalian inginkan. Kalian bisa menambahkan Tanggal, Nama Pemohon, Tipe Permohonan dan Keterangan.

  1. Menginstall Add-on

Add-on atau extensi pada google form ini membantu untuk menambahkan form Approval. Caranya kalian pilih titik tiga yang ada pada browser sebelah kanan anda lalu pilih Add-on yang paling bawah.

Baca Juga:  Cara membuat aplikasi web dengan JavaScript

Setelah terbuka maka isikan “Form Approval” maka nanti akan muncul banyak extensi yang keluar, pilih Form Approval lalu Install. Lanjutkan lalu kalian akan di direct untuk login lagi dengan akun Gmail kalian. Lanjut Izinkan akses melalui akun Gmail kalian. “Form Approvals telah diinstal”
anda berhasil menginstall Form Approval.

  1. Setting Add-on

Setelah Add-on berhasil diinstall, maka akan muncul icon tersebut. Untuk menggunakan nya cukup menekan Add-on tersebut lalu pilih “Form Approval” lalu pilih Open the add-on, maka Form Approval akan muncul pada layar disebelah kanan bawah anda. Pilih “Next” “Asia” “Authorize Now”, setelah ini kalian akan diminta untuk verifikasi dengan akun Gmail kalian lagi, ikuti sampai selesai.

Ketik tanda panah lalu Pilih add static recipient, lalu isikan email yang akan menjadi server penerima approval. lalu tingal klik SAVE. dan Selesai.

  1. Cara Menggunakan Form Approval

Setelah selesai melakukan editing dan setting kali kini kita coba menggunakan form Approval yang telah kita buat tadi. Caranya klik “Kirim” lalu pilih pada tab yang ditengah lalu Salin link form approvalnya.
Untuk mencobanya kalian bisa menggunakan browser yang berbeda

Berikut adalah tampilan Form Approval yang telah kalian buat, silahkan isi sesuai dengan pertanyaan, gunakan alamat email yang berbeda guna melakukan simulasi permintaan approval. Setelah selesai maka tekan “Kirim”

Form Approval Pengajuan Cuti akan masuk ke Email User yang telah kita tambahkan.

Cek email yang telah didaftarkan sebagar Approval, maka akan masuk satu email form yang melakukan permohonan Approval.

Kesimpulan

Tips ini bermanfaat sekali untuk kalian yang ingin melakukan improvement pada perusahaannya yang sangat berguna mengurangi pemakaian kertas. Kalau artikel ini bermanfaan silahkan dicoba dengan kebutuhan kamu dan jangan lupa share kepada teman-teman kalian yang membutuhkan!

Baca Juga:  Aplikasi MS Teams untuk apa?
Leave A Reply

Your email address will not be published.