8 Tips Cara Mempercepat Jaringan Internet

0 3

Kita akan menjadi senang jika kecepatan internet yang kita miliki stabil 100% setiap saat bukan? Pelajari cara membuat jaringan internet lebih stabil, terutama jika Anda tinggal di daerah terpencil yang ketersediaan sinyalnya buruk.

Anda tidak sendirian, meskipun kami ragu Anda akan merasa sendirian ketika menghadapi masalah internet. Beberapa trik dapat membantu Anda mempercepatnya dan kami akan memberikan tips yang akan kami uraikan pada paragraf dibawah berikut.

Untuk membantu Anda, kami akan memberikan solusi sehingga Anda juga dapat memaksimalkan apa yang dapat ditawarkan internet kepada Anda.

Lihat di bawah ini dan mulailah mencoba solusi dan tips dari kami tentang Cara Mempercepat Jaringan Internet!

Sebelum mempelajari cara membuat kecepatan internet lebih cepat, Anda harus memastikan bahwa internet Anda tidak secepat yang seharusnya. Ada beberapa halaman yang membantu Anda menguji apakah semuanya baik-baik saja dengan koneksi Anda.

Sangat mudah untuk melakukan tes ini. Pertama, tutup semua unduhan, tab browser , dan sebaiknya perangkat lain yang terhubung ke Wi-Fi.

Kemudian, klik tautan untuk mengakses halaman web Speedtest dan klik tombol Go , di tengah situs.

Reset Modem

Anda mungkin sudah menebak bahwa ini akan menjadi salah satu tips pertama.
Mari kita coba: tidak mungkin untuk tidak menyebutkan bahwa me-restart modem akhirnya membuat koneksi Anda lebih cepat, karena ini memecahkan sebagian besar masalah kecepatan internet.

Prosesnya sangat sederhana dan direkomendasikan oleh penyedia itu sendiri. Cukup cabut router Anda dari daya, tunggu sekitar 10 detik, lalu pasang kembali dan tunggu router mengirimkan sinyal Wi-Fi lagi.

Baca Juga:  Kode Rahasia untuk Membuka Fitur Tersembunyi di Smartphone Android dan Apple

Jika ini tidak berhasil sebagai solusi cara membuat internet lebih cepat, lanjutkan ke tips berikut!

Restart Komputer atau Smartphone Anda

Terkadang, masalahnya bukan pada router Anda, tetapi pada komputer atau perangkat Anda sendiri, seperti yang kami tunjukkan dalam artikel ini dengan solusi untuk masalah dengan sinyal Wi-Fi di Android. Sebelum memulai ulang perangkat, Anda dapat mencoba mematikan dan menghidupkan kembali penerimaan Wi-Fi.

Jika itu tidak berhasil, tidak ada jalan lain: Simpan pekerjaan Anda dan restart ulang komputer Anda. Jika solusi ini tidak berhasil, lanjutkan ke rekomendasi kami berikutnya.

Perbarui Firmware Router Anda

Bukan hanya komputer dan smartphone yang memiliki program. Perangkat seperti router memiliki jenis perangkat lunak yang disebut firmware, yang mengontrol operasi pada perangkat, seperti emisi sinyal Wi-Fi.

Sama seperti aplikasi Android Anda, program ini juga harus diperbarui. Dengan cara ini, ia akan menerima peningkatan kecepatan transmisi, serta perlindungan baru terhadap pencuri Wi-Fi, antara lain.

Untuk memperbarui firmware router Anda , lihat merek dan nomor modelnya, biasanya terletak di bagian belakang atau bawah perangkat. Kemudian lakukan pencarian Google untuk “ router [brand] [model] update “. Unduh dan ikuti instruksi program pembaruan. Namun, lakukan hanya jika Anda memiliki router, dan bukan milik ISP Anda!

Perbarui Browser

Hal lain yang dapat mengacaukan kecepatan internet Anda adalah browser itu sendiri. Sama seperti router, memperbaruinya menjamin peningkatan kecepatan dan keamanan koneksi PC Anda.

Biasanya, browser memperbarui diri secara otomatis. Namun, jika internet Anda padam atau jika Anda menonaktifkan pembaruan otomatis, menarik untuk mengakses pengaturan browser Anda dan memeriksa apakah pembaruan terbaru telah diinstal.

Bersihkan Cache Browser Anda

File sementara yang meningkatkan waktu pemuatan halaman yang telah Anda kunjungi, dan cache browser Anda dapat mengurangi kualitas koneksi Anda. Meski kecil, file-file ini bisa menumpuk dan dapat memperlambat komputer dan koneksi kecepatan internet Anda.

Baca Juga:  Meningkatkan Pendapatan Anda dengan Pembaruan CPC Google AdSense Berdasarkan Negara

Itulah mengapa selalu disarankan untuk mengosongkan cache browser Anda setidaknya sekali seminggu. Biasanya, pembersihan cache dapat dilakukan melalui menu pengaturan browser Anda, baik itu Google Chrome, Firefox, atau Opera.

Analisis aktivitas di Task Manager

Itu dapat diakses dengan perintah terkenal Ctrl+Alt+Del bisa juga dengan menekan Ctrl+Shift+Esc yang langsung menuju ke sana. Task Manager adalah panel kontrol yang ideal ketika beberapa program tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Atau saat internet Anda tidak berfungsi atau memberikan kecepatan yang Anda butuhkan.

Gunakan salah satu perintah yang ditunjukkan di atas untuk mengakses Pengelola Tugas Windows Anda. Jika Anda menggunakan Mac, Anda dapat mencari Monitor Aktivitas.

Tinjau tugas yang ditampilkan sistem Anda. Seringkali, perangkat lunak di komputer Anda dapat mulai mengunduh pembaruan secara otomatis, yang dapat memperlambat kecepatan koneksi Anda. Jika Anda perlu tahu cara membuat internet lebih cepat pada saat itu, Anda dapat menghentikan unduhan ini.

Melalui pengelola, Anda juga dapat memeriksa apakah program mencurigakan mengakses PC Anda dan memengaruhi kecepatan internet Anda. Namun, perlu berhati-hati: hanya hapus apa yang Anda yakini berbahaya.

Ubah DNS

DNS adalah layanan yang mengubah nama yang Anda masukkan di bilah browser menjadi alamat IP situs web yang ingin Anda akses. Secara default, DNS dipilih secara otomatis oleh perangkat Anda. Tapi Anda bisa mengubah itu.

Ada dua DNS publik yang sangat efisien untuk digunakan dan memiliki cara untuk membuat kecepatan internet lebih cepat. Untuk mengubah DNS koneksi Anda di Windows 10, klik kanan ikon koneksi Anda di baki di kanan bawah layar.

Pilih Buka pengaturan jaringan & internet:

Klik Ubah opsi adaptor:

Baca Juga:  10 Tips Membuat Presentasi yang Menarik dan Efektif

Klik kanan pada Wi-Fi dan pilih Properties:

Gulir hingga Anda menemukan opsi IP Protocol Version 4 (TCP/IPv4) . Klik di atasnya dan kemudian pada tombol Properties:

Di jendela baru, klik Gunakan alamat server DNS berikut:

Untuk menggunakan Google DNS, masukkan angka 8.8.8.8 di kotak teks Server DNS Pilihan dan 8.8.4.4 di Server DNS Alternatif. Klik OK untuk menyimpan.

Alternatif yang juga dapat melayani adalah OpenDNS. Untuk menggunakan DNS mereka, ulangi proses di atas, tetapi masukkan nomor 208.67.222.222 sebagai Server DNS Pilihan dan masukkan nomor 208.67.220.220 di Server DNS Alternatif.

Bagaimana kecepatan internet Anda sekarang?

Ini adalah tips dasar yang dapat Anda lakukan sendiri untuk mempelajari cara membuat kecepatan internet lebih cepat. Dengan begitu anda bisa lebih mudah untuk menonton film dan serial Anda atau menghabiskan waktu berjam-jam untuk menjadi juara di game online favorit Anda.

Apa pendapat Anda tentang tips kami? Mana yang paling berhasil untuk Anda? Bagikan artikel ini dengan teman-teman Anda dan, jika tidak ada alternatif yang berhasil, jangan ragu untuk menghubungi dan mengajukan keluhan ke penyedia internet Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.