Mengulas Laptop Dell Latitude 7390: Ringan, Tipis, dan Tangguh

0 78

Dell Latitude 7390

Windios Computers

Laptop telah menjadi salah satu alat yang tak terpisahkan dari kehidupan kita saat ini. Berbagai merek dan model tersedia di pasaran, namun ada satu laptop yang telah menarik perhatian banyak orang, yaitu Dell Latitude 7390. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa laptop ini menjadi pilihan yang menarik bagi banyak pengguna.

Keunggulan Dell Latitude 7390

Desain yang Ringkas dan Kokoh

Desain Dell Latitude 7390 adalah salah satu daya tarik utama yang membuatnya begitu diminati oleh banyak orang. Laptop ini menggabungkan kekompakan dengan ketahanan yang kuat, menciptakan perangkat yang ideal untuk mobilitas tinggi.

Laptop ini membanggakan desain yang sangat ramping dan elegan. Dengan ketebalan yang minimal, Anda dapat dengan mudah menyisipkannya ke dalam tas laptop favorit Anda tanpa memberikan beban yang berlebihan. Tidak hanya itu, tetapi bobotnya yang ringan, hanya sekitar 1,2 kilogram, membuatnya sangat nyaman untuk dibawa ke mana saja.

Meskipun memiliki profil yang ramping, Latitude 7390 tidak berkompromi dalam hal kekokohannya. Material yang digunakan untuk pembuatan laptop ini sangat berkualitas, memberikan kesan kokoh dan tahan lama. Anda akan merasa yakin saat memegangnya, dan Anda tahu bahwa laptop ini dapat bertahan dalam berbagai situasi.

Selain itu, laptop ini juga memiliki charger yang ringkas dan ringan, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang beban tambahan ketika bepergian. Desain keseluruhan laptop ini sangat memperhatikan kebutuhan mobilitas pengguna, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi mereka yang selalu dalam perjalanan.

Dengan kombinasi desain yang ringkas dan kokoh, Dell Latitude 7390 memenuhi kebutuhan pengguna yang membutuhkan laptop yang tangguh dan mudah dibawa ke mana saja. Ini adalah perangkat yang tidak hanya tampil menarik tetapi juga siap untuk menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

Keandalan Militer

Keandalan militer adalah salah satu fitur kunci yang membuat Dell Latitude 7390 unggul dalam dunia laptop. Laptop ini telah melewati serangkaian uji keandalan militer sesuai dengan standar MIL-STD 810G, yang merupakan standar yang digunakan oleh militer Amerika Serikat untuk mengevaluasi kehandalan perangkat.

Uji ini melibatkan paparan laptop kepada berbagai kondisi ekstrem, termasuk perubahan suhu yang drastis, kelembaban tinggi, getaran kuat, guncangan, dan tekanan yang ekstrem. Ini berarti Latitude 7390 telah diuji dan terbukti mampu bertahan dalam berbagai situasi yang sulit.

Bagi mereka yang sering bekerja di lapangan atau berada dalam lingkungan yang keras, keandalan militer adalah fitur yang sangat dihargai. Laptop ini dapat dipercaya untuk tetap beroperasi bahkan dalam kondisi yang tidak ramah, sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang kerusakan atau gangguan saat bekerja di luar ruangan.

Selain itu, keandalan militer juga menunjukkan komitmen Dell untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi. Dengan melewati uji keandalan yang ketat, Latitude 7390 memastikan bahwa pengguna mendapatkan perangkat yang dapat diandalkan dan tahan lama.

Jadi, jika Anda mencari laptop yang tangguh dan dapat diandalkan, Dell Latitude 7390 adalah pilihan yang sangat baik. Keandalan militer membuatnya siap untuk menghadapi berbagai tantangan dalam berbagai situasi, dan itulah yang membuatnya unggul di kelasnya.

Layar Full HD dengan Sentuhan

Salah satu keunggulan menonjol dari Dell Latitude 7390 adalah layarnya yang luar biasa. Dengan layar Full HD berukuran 13 inci, laptop ini memberikan pengalaman visual yang memukau. Kejernihan gambar dan detail yang tajam membuatnya sangat cocok untuk berbagai kebutuhan penggunaan.

Baca Juga:  10 Alasan Mengapa Lenovo ThinkPad adalah Pilihan Terbaik Anda

Salah satu fitur utama layar Latitude 7390 adalah kemampuan sentuhnya. Dengan teknologi layar sentuh yang responsif, Anda dapat dengan mudah berinteraksi dengan laptop ini melalui sentuhan jari Anda. Ini membuatnya sangat berguna untuk tugas-tugas seperti menggambar, navigasi, atau bahkan hanya untuk menjelajah konten dengan lebih intuitif.

Yang menarik dari layar ini adalah lapisan matte yang digunakan. Meskipun memiliki kemampuan sentuh, lapisan matte ini mengurangi kilau yang biasanya terjadi pada layar sentuh glossy. Ini berarti Anda dapat menggunakan laptop ini di bawah sinar matahari tanpa masalah silau, yang sering menjadi kendala pada laptop dengan layar glossy.

Warna dan kecerahan layar Latitude 7390 juga patut diacungi jempol. Layar ini menghasilkan warna yang kaya dan kecerahan yang cukup untuk digunakan di berbagai kondisi pencahayaan. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah membawa laptop ini ke luar ruangan dan masih dapat menikmati pengalaman visual yang luar biasa.

Dell Latitude 7390 dengan layar Full HD dan sentuhan adalah pilihan yang sangat baik bagi mereka yang menghargai kualitas tampilan yang tinggi dan kemampuan sentuh yang responsif. Ini adalah alat yang sempurna untuk produktivitas, hiburan, dan kreativitas, serta memberikan pengalaman visual yang memuaskan setiap saat.

Konektivitas yang Lengkap

Dell Latitude 7390 menawarkan beragam pilihan konektivitas yang membuatnya menjadi salah satu laptop yang sangat serbaguna. Laptop ini dilengkapi dengan berbagai port dan slot yang memungkinkan Anda terhubung dengan perangkat dan aksesori lain dengan mudah.

  • Slot Micro SD dan Slot SIM Card

Salah satu fitur menonjol dari laptop ini adalah adanya slot micro SD yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah memasukkan kartu memori tambahan. Ini sangat berguna jika Anda perlu meningkatkan kapasitas penyimpanan laptop. Selain itu, ada juga slot SIM card yang memungkinkan Anda untuk terhubung secara langsung melalui jaringan seluler jika Anda membutuhkannya.

  • Beragam Port USB

Latitude 7390 dilengkapi dengan beragam port USB yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan berbagai perangkat eksternal, mulai dari flash drive hingga perangkat keras eksternal. Dengan berbagai port ini, Anda tidak perlu khawatir tentang keterbatasan konektivitas.

  • Port HDMI dan USB C

Laptop ini juga dilengkapi dengan port HDMI yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menghubungkannya ke monitor eksternal atau layar TV. Selain itu, ada juga port USB C yang mendukung transfer data yang cepat dan bahkan dapat digunakan untuk pengisian daya perangkat lain.

  • Slot LAN

Meskipun laptop ini memiliki desain yang ringkas, Anda masih dapat menemukan slot LAN yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke jaringan kabel jika diperlukan. Ini adalah fitur yang berguna untuk pengguna yang sering bekerja di lingkungan dengan jaringan kabel.

  • Slot Kartu Memori dan USB C

Terakhir, laptop ini juga memiliki slot kartu memori yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengakses data dari kartu memori Anda. Selain itu, ada juga port USB C yang mendukung transfer data yang cepat dan bahkan dapat digunakan untuk pengisian daya perangkat lain.

Dell Latitude 7390 adalah pilihan yang sangat baik bagi mereka yang memerlukan konektivitas yang lengkap. Dengan berbagai port dan slot yang tersedia, Anda dapat dengan mudah menghubungkan laptop ini dengan berbagai perangkat dan aksesori, menjadikannya perangkat yang sangat serbaguna untuk berbagai keperluan.

Keyboard yang Nyaman

Dell Latitude 7390 hadir dengan keyboard yang nyaman dan responsif, menjadikannya alat yang ideal untuk mengetik dalam jangka waktu yang lama. Berikut adalah beberapa fitur keyboard yang membuatnya begitu menyenangkan untuk digunakan:

  • Pencahayaan Latar

Salah satu fitur yang sangat berguna adalah pencahayaan latar pada keyboard. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengetik dalam kondisi pencahayaan yang rendah atau di ruangan yang gelap. Tombol-tombol yang diterangi memberikan visibilitas yang baik, sehingga Anda dapat bekerja dengan nyaman kapan saja, bahkan di malam hari.

  • Tombol yang Empuk

Tombol-tombol keyboard Latitude 7390 dirancang dengan baik dan memiliki perasaan yang empuk saat ditekan. Ini memungkinkan Anda untuk mengetik dengan lancar dan tanpa merasa lelah, bahkan dalam sesi mengetik yang panjang. Respons dari setiap tombol juga sangat baik, sehingga Anda dapat merasakan setiap ketukan dengan jelas.

  • Layout yang Baik

Layout keyboard ini juga baik, dengan tombol-tombol yang ditempatkan dengan baik dan ukuran yang nyaman. Tidak ada rasa sesak saat mengetik, dan Anda dapat dengan mudah menavigasi keyboard tanpa perlu mencari tombol-tombol yang tersembunyi.

  • Penggunaan yang Fleksibel

Keyboard ini memiliki fleksibilitas yang baik untuk berbagai keperluan. Baik itu mengetik dokumen, email, atau bahkan bermain game ringan, keyboard ini dapat mengakomodasi berbagai jenis aktivitas dengan baik.

Baca Juga:  Samsung Galaxy A14 5G: Spesifikasi, Kelebihan, dan Harga Terbaru

Dell Latitude 7390 adalah pilihan yang baik bagi mereka yang mengutamakan pengalaman mengetik yang nyaman. Keyboard yang empuk, pencahayaan latar, dan layout yang baik menjadikannya alat yang sempurna untuk produktivitas dan kenyamanan dalam mengetik.

Baterai Tahan Lama

Salah satu keunggulan yang patut diapresiasi dari Dell Latitude 7390 adalah daya tahan baterainya yang luar biasa. Dengan baterai berkapasitas 60 watt-hour, laptop ini mampu bertahan hingga 8 jam kerja tanpa perlu diisi ulang. Ini adalah berita baik bagi pengguna yang sering berada dalam perjalanan atau berada di luar ruangan tanpa akses ke sumber daya listrik.

Kapasitas baterai yang besar ini memberikan keleluasaan yang signifikan dalam penggunaan sehari-hari. Anda tidak perlu terus-menerus mencari colokan listrik atau membawa charger ke mana-mana. Laptop ini mampu mempertahankan daya selama sebagian besar hari kerja Anda, sehingga Anda dapat fokus pada tugas-tugas yang perlu diselesaikan.

Selain kapasitas yang baik, baterai Latitude 7390 juga memiliki tingkat daya yang rendah saat beristirahat. Ini berarti laptop tidak akan cepat kehabisan daya ketika sedang tidak digunakan. Dengan demikian, Anda dapat meninggalkan laptop dalam mode siaga untuk sementara tanpa khawatir kehilangan daya.

Keandalan baterai ini sangat penting, terutama bagi para profesional yang sering berada di lapangan atau dalam perjalanan bisnis. Anda dapat yakin bahwa laptop ini akan tetap beroperasi selama sebagian besar hari, bahkan ketika Anda berada jauh dari sumber daya listrik.

Dengan daya tahan baterai yang luar biasa, Dell Latitude 7390 adalah laptop yang dapat diandalkan untuk mendukung produktivitas Anda sepanjang hari. Baterai yang tahan lama ini memastikan bahwa Anda dapat bekerja tanpa hambatan dan tidak perlu khawatir tentang pengisian daya yang sering.

Kelemahan dan Catatan

Kesulitan Membuka dengan Satu Tangan

Salah satu catatan penting tentang Dell Latitude 7390 adalah kesulitan dalam membuka laptop ini dengan satu tangan. Meskipun laptop ini memiliki desain yang ringkas dan ramping, membuka tutupnya memerlukan kedua tangan untuk mengangkatnya.

Hal ini terutama disebabkan oleh desain engsel yang kuat untuk mendukung layar laptop. Sementara engsel yang kuat ini memberikan stabilitas dan kekokohan saat laptop digunakan, pada saat yang sama, membuatnya agak sulit untuk membuka laptop dengan satu tangan. Ini bisa menjadi sedikit merepotkan jika Anda sedang dalam situasi di mana satu tangan Anda sibuk atau jika Anda ingin membuka laptop dengan cepat.

Meskipun bukan masalah besar, hal ini perlu diperhatikan terutama bagi mereka yang sering bergerak dan ingin mengakses laptop mereka dengan cepat. Beberapa pengguna mungkin mengharapkan kemudahan membuka laptop dengan satu tangan, tetapi Latitude 7390 lebih cocok untuk digunakan dengan kedua tangan untuk menghindari risiko jatuh atau cedera.

Meskipun ada beberapa keterbatasan dalam hal membuka dengan satu tangan, ini bukanlah hal yang menghambat kinerja atau kualitas laptop secara keseluruhan. Dell Latitude 7390 tetap menjadi pilihan yang kuat untuk produktivitas dan mobilitas tinggi.

Tuts Keyboard dan Touchpad yang Kecil

Salah satu catatan tentang Dell Latitude 7390 adalah ukuran tuts keyboard dan touchpad yang lebih kecil dibandingkan dengan beberapa laptop lainnya. Meskipun keyboard ini nyaman untuk digunakan, beberapa pengguna mungkin merasa bahwa ukuran tutsnya terlalu kecil untuk kenyamanan mengetik yang optimal.

Keyboard yang lebih kecil dapat membuat beberapa orang merasa kurang nyaman saat mengetik dalam jangka waktu yang lama, terutama jika mereka memiliki jari yang lebih besar. Ini bisa mengakibatkan beberapa kesalahan ketikan atau perasaan kurang presisi saat mengetik. Bagi pengguna yang terbiasa dengan keyboard yang lebih besar, penyesuaian dengan keyboard Latitude 7390 mungkin memerlukan waktu.

Baca Juga:  Penasaran dengan MSI GS65 Stealth 9SG? Simak Spesifikasi dan Keunggulannya di Sini!

Selain itu, touchpad pada laptop ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan beberapa laptop lain di kelasnya. Ini mungkin membuat beberapa pengguna merasa kurang leluasa dalam melakukan gerakan pointer. Namun, touchpad ini masih responsif dan berfungsi dengan baik, meskipun dalam ruang yang lebih terbatas.

Meskipun ukuran tuts keyboard dan touchpad adalah preferensi pribadi, ini adalah hal yang perlu diperhatikan bagi mereka yang memiliki preferensi tertentu terhadap ukuran keyboard dan touchpad. Beberapa pengguna mungkin lebih suka keyboard dan touchpad yang lebih besar untuk kenyamanan dan akurasi yang lebih baik.

Namun, penting untuk diingat bahwa ukuran keyboard dan touchpad ini juga sejalan dengan desain laptop yang ringkas, yang dapat menjadi prioritas bagi beberapa pengguna yang lebih mengutamakan mobilitas.

Performa Terbatas untuk Tugas Berat

Dell Latitude 7390, dengan desain yang ringkas dan ringan, memiliki performa yang terbatas untuk tugas-tugas berat. Laptop ini didukung oleh prosesor Intel generasi ke-8, yang dalam kebanyakan situasi akan menangani tugas-tugas sehari-hari dengan baik. Namun, untuk tugas-tugas yang memerlukan daya komputasi yang lebih tinggi, seperti pengeditan video berat, rendering 3D, atau gaming berat, Latitude 7390 mungkin tidak menjadi pilihan yang optimal.

Performa terbatas ini terutama disebabkan oleh keterbatasan dalam hal daya pemrosesan dan kartu grafis terintegrasi. Laptop ini tidak dirancang untuk tugas-tugas berat semacam itu, dan pengguna yang memerlukan laptop untuk keperluan tersebut sebaiknya mencari laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Namun, perlu diingat bahwa Latitude 7390 tetap sangat cocok untuk tugas-tugas sehari-hari, seperti bekerja dengan aplikasi perkantoran, menjelajah web, menonton video, dan bahkan bermain game ringan. Ini adalah laptop yang ideal untuk mobilitas tinggi dan produktivitas di luar kantor.

Jadi, sementara performa terbatas mungkin menjadi kekurangan bagi beberapa pengguna, laptop ini tetap menjadi pilihan yang baik untuk tugas-tugas sehari-hari dan mobilitas. Jika Anda memiliki kebutuhan khusus untuk tugas berat, Anda mungkin perlu mempertimbangkan laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Tidak Bisa Upgrade ke NVMe SSD

Salah satu catatan penting tentang Dell Latitude 7390 adalah bahwa laptop ini tidak mendukung upgrade ke NVMe SSD. Meskipun laptop ini memiliki slot SSD M.2 yang dapat digunakan untuk mengganti atau meningkatkan penyimpanan, kemampuan upgrade tersebut terbatas pada SSD jenis SATA.

Hal ini berarti bahwa Anda tidak dapat mengganti SSD bawaan dengan SSD NVMe yang lebih cepat dan lebih responsif. NVMe SSD biasanya memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibandingkan dengan SSD SATA, yang membuatnya cocok untuk tugas-tugas yang membutuhkan kecepatan tinggi, seperti pengeditan video atau bekerja dengan file besar.

Penting untuk diingat bahwa hal ini mungkin menjadi pertimbangan penting bagi mereka yang menginginkan kecepatan penyimpanan yang optimal. Namun, bagi sebagian besar pengguna yang menggunakan laptop ini untuk tugas-tugas sehari-hari, SSD SATA yang disediakan akan cukup untuk keperluan mereka.

Jadi, sementara Dell Latitude 7390 adalah laptop yang solid dan dapat diandalkan untuk banyak tugas, pengguna yang sangat mengutamakan kecepatan penyimpanan mungkin perlu mempertimbangkan laptop lain yang mendukung NVMe SSD atau mencari laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pertanyaan Umum (FAQs)

Dell Latitude 7390 adalah laptop yang menarik dengan desain yang ringkas, tahan lama, dan layar sentuh yang nyaman. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, laptop ini cocok untuk penggunaan sehari-hari, terutama bagi mereka yang sering bepergian dan memerlukan perangkat ringkas.

1. Apakah Latitude 7390 cocok untuk gaming berat?

Tidak, laptop ini tidak dirancang untuk gaming berat. Performanya lebih cocok untuk tugas sehari-hari.

2. Bisakah saya mengganti RAM laptop ini?

Ya, Anda dapat mengganti RAM laptop ini hingga 16GB.

3. Apakah laptop ini memiliki sensor sidik jari?

Ada beberapa varian yang dilengkapi dengan sensor sidik jari, tetapi yang kami ulas tidak memiliki fitur ini.

4. Bagaimana dengan suara ventilator laptop ini?

Ventilator laptop ini relatif tenang, tetapi dapat meningkatkan kebisingan saat digunakan untuk tugas yang lebih berat.

5. Bagaimana cara membersihkan layar matte laptop ini?

Anda dapat membersihkan layar matte dengan kain microfiber yang lembut dan sedikit cairan pembersih layar komputer. Pastikan untuk tidak menggunakan bahan kimia yang keras atau air berlebihan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.