Mengenal Lebih Dekat Nokia 5.3: Spesifikasi, Fitur, dan Ulasan

0 5

Nokia 5.3

Nokia 5.3 adalah ponsel pintar yang menarik perhatian banyak orang dengan desain yang elegan dan fitur-fitur canggih yang ditawarkannya. Sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, penting untuk memahami detail mengenai Nokia 5.3 agar Anda dapat membuat keputusan yang tepat.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan gambaran singkat tentang Nokia 5.3, termasuk spesifikasi teknisnya, fitur unggulan, serta ulasan mengenai performa dan pengalaman pengguna. Dengan mengetahui informasi ini, Anda akan lebih siap dalam membandingkan ponsel ini dengan opsi lain yang ada di pasaran.

Tetaplah bersama kami saat kami menjelajahi semua yang perlu Anda ketahui tentang Nokia 5.3, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang cerdas dan memenuhi kebutuhan ponsel pintar Anda.

Jaringan Teknologi GSM / HSPA / LTE

Nokia 5.3 menawarkan konektivitas yang andal dengan dukungan untuk teknologi jaringan GSM, HSPA, dan LTE. Dengan dukungan jaringan ini, Anda dapat menikmati kecepatan internet yang stabil dan kualitas panggilan yang baik di berbagai wilayah. Apakah Anda mengirim pesan, menjelajahi internet, atau menggunakan aplikasi berbasis data, Nokia 5.3 siap menghadirkan pengalaman terhubung yang memuaskan.

Dimensi dan Bobot

  • Dimensi: 164,3 x 76,6 x 8,5 mm (6,47 x 3,02 x 0,33 inci)
  • Berat: 185 gram (6,53 ons)

Nokia 5.3 memiliki desain yang ramping dan ergonomis dengan dimensi yang proporsional. Dengan ukuran 164,3 x 76,6 x 8,5 mm (6,47 x 3,02 x 0,33 inci), ponsel ini nyaman digenggam dan mudah dimasukkan ke dalam saku atau tas Anda.

Dalam hal bobot, Nokia 5.3 memiliki berat sekitar 185 gram (6,53 ons). Meskipun tidak terlalu ringan, bobot ini memberikan rasa solid dan kokoh saat Anda menggunakannya. Anda dapat dengan nyaman membawa Nokia 5.3 sepanjang hari tanpa merasa terlalu berat.

Desain

  • Bagian Depan: Kaca (Gorilla Glass 3)
  • Bagian Belakang: Plastik
  • Bingkai: Plastik

Nokia 5.3 memiliki desain yang elegan dengan kombinasi material berkualitas. Bagian depannya dilindungi oleh kaca tahan gores Gorilla Glass 3 yang memberikan perlindungan ekstra terhadap goresan dan benturan ringan. Bagian belakang dan bingkainya terbuat dari plastik yang memberikan kekokohan tanpa menambahkan berat yang berlebihan pada ponsel.

Dengan desain yang menawan, Nokia 5.3 menawarkan tampilan yang modern dan nyaman digunakan dalam genggaman Anda.

Slot SIM

  • Tipe SIM: Single SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Nokia 5.3 mendukung fleksibilitas penggunaan kartu SIM. Anda dapat memilih antara menggunakan satu kartu SIM (Nano-SIM) untuk ponsel tunggal, atau menggunakan dua kartu SIM (Nano-SIM, dual stand-by) jika Anda ingin menggunakan dua nomor atau memiliki akses ke dua jaringan yang berbeda secara bersamaan.

Dengan opsi ini, Nokia 5.3 memungkinkan Anda untuk mengatur dan mengelola koneksi telepon Anda sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari.

Layar Nokia 5.3

  • Jenis: IPS LCD, 450 nits (typ)
  • Ukuran: 6,55 inci, 103,6 cm2 (~82,3% rasio layar-ke-tubuh)
  • Resolusi: 720 x 1600 piksel, rasio 20:9 (~268 ppi kepadatan)
  • Perlindungan: Corning Gorilla Glass 3

Nokia 5.3 dilengkapi dengan layar IPS LCD yang menawarkan visualisasi yang jernih dan kualitas warna yang hidup. Dengan kecerahan hingga 450 nits (typ), layar ini memberikan tampilan yang terang dan mudah dibaca, bahkan di bawah sinar matahari terik.

Baca Juga:  Asus Zenbook S 13 OLED (UX5304): Laptop Ramping, Ringan, dan Performa Maksimal

Dengan ukuran 6,55 inci dan rasio layar-ke-tubuh sekitar 82,3%, Nokia 5.3 memberikan pengalaman menonton dan menjelajah yang imersif. Dengan resolusi 720 x 1600 piksel dan rasio 20:9, tampilan ponsel ini memiliki kepadatan piksel sekitar 268 ppi, yang menghasilkan tampilan yang tajam dan jelas.

Layar Nokia 5.3 juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3, yang memberikan perlindungan tambahan terhadap goresan dan benturan ringan. Anda dapat dengan tenang menggunakan ponsel ini tanpa khawatir tentang kerusakan layar yang tidak diinginkan.

Platform Nokia 5.3

  • Sistem Operasi: Android 10, dapat ditingkatkan ke Android 11, Android One
  • Chipset: Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610

Nokia 5.3 menjalankan sistem operasi Android 10 yang dapat ditingkatkan ke Android 11. Dengan menggunakan antarmuka Android One, pengguna akan mendapatkan pengalaman Android yang murni, dengan peningkatan keamanan dan pembaruan perangkat lunak yang cepat.

Pada sisi kinerja, Nokia 5.3 didukung oleh chipset Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm) yang kuat. Ditenagai oleh prosesor octa-core dengan kombinasi inti 2.0 GHz Kryo 260 Gold dan 1.8 GHz Kryo 260 Silver, ponsel ini memberikan kecepatan dan responsifitas yang baik dalam menjalankan aplikasi dan tugas sehari-hari.

Untuk kinerja grafis, Nokia 5.3 dilengkapi dengan GPU Adreno 610 yang memberikan kualitas grafis yang baik. Anda dapat menikmati pengalaman gaming yang lancar dan menonton konten multimedia dengan detail visual yang memukau.

Dengan kombinasi sistem operasi yang mutakhir, chipset yang kuat, dan performa yang responsif, Nokia 5.3 siap memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan dalam menjalankan berbagai aplikasi dan tugas.

Memori

  • Slot Kartu: microSDXC (slot terpisah)
  • Internal: 64GB 3GB RAM, 64GB 4GB RAM, 64GB 6GB RAM, 128GB 4GB RAM
  • Jenis Memori: eMMC 5.1

Nokia 5.3 dilengkapi dengan fleksibilitas penyimpanan yang dapat diperluas melalui slot kartu microSDXC yang terpisah. Anda dapat dengan mudah menambahkan kartu memori untuk menyimpan lebih banyak foto, video, dan file pribadi.

Pada sisi memori internal, Nokia 5.3 tersedia dalam beberapa varian yang mencakup 64GB penyimpanan dengan pilihan RAM 3GB, 4GB, atau 6GB, serta varian 128GB penyimpanan dengan RAM 4GB. Dengan kapasitas penyimpanan yang luas, Anda memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan aplikasi, media, dan file lainnya.

Ponsel ini menggunakan jenis memori eMMC 5.1, yang menawarkan kecepatan transfer data yang memadai untuk penggunaan sehari-hari. Dengan kombinasi memori internal dan kemampuan ekspansi, Nokia 5.3 memastikan Anda memiliki cukup ruang untuk menyimpan dan mengakses semua data penting Anda.

Kamera Utama Nokia 5.3

  • Kamera Utama: Quad, 13 MP, f/1.8, (wide), PDAF
  • Kamera Ultrawide: 5 MP, 13mm
  • Kamera Makro: 2 MP
  • Kamera Depth: 2 MP
  • Fitur-fitur: LED flash, HDR, panorama
  • Video: 4K@30fps, 1080p@30fps

Nokia 5.3 dilengkapi dengan sistem kamera utama yang tangguh untuk mengabadikan momen-momen istimewa. Sistem kamera ini terdiri dari:

  1. Kamera Utama: Dengan resolusi 13 MP dan aperture f/1.8, kamera ini menangkap gambar dengan detail yang baik dan performa yang solid. Fitur PDAF (Phase Detection Autofocus) memastikan fokus yang cepat dan akurat pada objek yang diinginkan.
  2. Kamera Ultrawide: Kamera 5 MP dengan lensa ultrawide 13mm memungkinkan Anda untuk mengambil foto dengan sudut pandang yang lebih luas. Dengan fitur ini, Anda dapat mengambil gambar landscape yang indah atau memotret grup foto tanpa kehilangan detail.
  3. Kamera Makro: Kamera 2 MP ini memungkinkan Anda untuk menjelajahi dunia detail mikro. Dengan kemampuan makro, Anda dapat mengambil gambar objek dari jarak sangat dekat dan menampilkan detail yang halus dan menakjubkan.
  4. Kamera Depth: Kamera 2 MP ini membantu menghasilkan efek bokeh yang indah pada foto. Dengan kemampuan ini, Anda dapat menghasilkan foto dengan latar belakang yang terlihat samar dan fokus yang tajam pada subjek utama.
Baca Juga:  HUAWEI MateBook D 14 2024: Meningkatkan Pengalaman Digital Anda

Dilengkapi dengan fitur LED flash, HDR, dan panorama, Nokia 5.3 memastikan Anda mendapatkan hasil foto yang menakjubkan dalam berbagai kondisi pencahayaan dan memungkinkan Anda untuk mengambil foto dengan berbagai perspektif dan gaya.

Anda juga dapat merekam video dengan kualitas tinggi menggunakan ponsel ini. Dengan kemampuan merekam video 4K@30fps dan 1080p@30fps, Anda dapat mengabadikan momen bergerak dengan jelas dan detail.

Kamera Selfie

  • Kamera Selfie: 8 MP, f/2.0, (wide)
  • Video: 1080p@30fps

Nokia 5.3 dilengkapi dengan kamera selfie yang mampu menghasilkan foto selfie yang menakjubkan. Kamera selfie ini memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.0, yang memungkinkan Anda untuk mengambil foto selfie dengan detail yang baik dan pencahayaan yang optimal.

Anda juga dapat merekam video selfie dengan kualitas Full HD menggunakan kamera ini. Dengan kemampuan merekam video 1080p@30fps, Anda dapat mengabadikan momen-momen berharga dalam bentuk video dengan kualitas yang baik.

Dengan kamera selfie Nokia 5.3, Anda dapat mengambil foto selfie yang indah dan merekam video selfie yang memukau untuk berbagi dengan teman dan keluarga.

Komunikasi

  • WLAN: Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac, Wi-Fi Direct
  • Bluetooth: 4.2, A2DP, LE, aptX
  • Posisi: GPS, GLONASS, BDS
  • NFC: Ya
  • Radio: Radio FM
  • USB: USB Type-C 2.0, OTG

Nokia 5.3 menawarkan beragam fitur komunikasi yang memudahkan Anda untuk terhubung dengan dunia digital. Beberapa fitur komunikasi yang tersedia meliputi:

  1. WLAN: Nokia 5.3 mendukung konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac, memungkinkan Anda untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi di sekitar Anda. Fitur Wi-Fi Direct juga tersedia, memungkinkan Anda untuk mentransfer data secara langsung antara perangkat yang kompatibel.
  2. Bluetooth: Ponsel ini dilengkapi dengan Bluetooth versi 4.2 yang mendukung A2DP (Advanced Audio Distribution Profile), LE (Low Energy), dan aptX. Anda dapat menghubungkan Nokia 5.3 dengan perangkat Bluetooth lainnya, seperti headphone nirkabel atau speaker, untuk mendengarkan musik atau melakukan panggilan hands-free.
  3. Posisi: Nokia 5.3 dilengkapi dengan sistem pemosisian yang akurat, termasuk GPS (Global Positioning System), GLONASS, dan BDS (BeiDou Navigation Satellite System). Dengan fitur ini, Anda dapat menggunakan layanan pemetaan, navigasi, dan informasi lokasi dengan akurasi tinggi.
  4. NFC: Ponsel ini mendukung fitur Near Field Communication (NFC), yang memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran nirkontak, berbagi file, atau berinteraksi dengan perangkat lain yang kompatibel dengan NFC hanya dengan menyentuhkan ponsel Anda.
  5. Radio FM: Nokia 5.3 juga dilengkapi dengan radio FM, yang memungkinkan Anda mendengarkan stasiun radio favorit Anda secara langsung melalui ponsel Anda.
  6. USB: Ponsel ini menggunakan konektor USB Type-C 2.0, yang memberikan kecepatan transfer data yang cepat dan kemudahan penggunaan. Fitur OTG (On-The-Go) juga hadir, memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat USB eksternal seperti flash drive atau keyboard ke ponsel Anda.
Baca Juga:  Lenovo Ideapad Gaming 3 36ID: Review Laptop Gaming Sempurna

Dengan fitur komunikasi yang lengkap seperti ini, Nokia 5.3 memastikan Anda tetap terhubung dengan dunia di sekitar Anda, berbagi data, dan menikmati berbagai layanan digital dengan mudah.

Fitur Nokia 5.3

  • Sensor: Sidik jari (terletak di bagian belakang), accelerometer, proximity

Nokia 5.3 dilengkapi dengan beberapa fitur yang meningkatkan pengalaman pengguna. Beberapa fitur tersebut meliputi:

  1. Sensor Sidik Jari: Ponsel ini dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang, memungkinkan Anda untuk membuka kunci perangkat secara cepat dan aman hanya dengan menggunakan sidik jari Anda.
  2. Accelerometer: Sensor accelerometer mendeteksi gerakan dan orientasi perangkat. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengubah orientasi layar secara otomatis saat memutar perangkat, dan juga digunakan dalam berbagai aplikasi yang memanfaatkan gerakan, seperti game atau sensor langkah.
  3. Proximity Sensor: Sensor proximity mendeteksi adanya objek yang berada di dekat layar ponsel. Fitur ini berguna saat Anda menerima panggilan telepon, karena sensor ini dapat mematikan layar secara otomatis ketika ponsel berada dekat dengan wajah Anda, sehingga menghemat daya baterai dan mencegah operasi yang tidak disengaja saat telepon sedang digunakan.

Dengan fitur-fitur tersebut, Nokia 5.3 memberikan kenyamanan dan keamanan tambahan dalam penggunaan sehari-hari, serta mengoptimalkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Baterai

  • Jenis: Li-Po 4000 mAh, non-removable
  • Pengisian Daya: 10W dengan kabel

Nokia 5.3 dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh berteknologi Li-Po yang tidak dapat dilepas. Baterai ini memberikan daya tahan yang cukup untuk penggunaan sehari-hari, memastikan Anda dapat menggunakan ponsel Anda dengan lebih lama tanpa perlu sering mengisi ulang daya.

Ponsel ini dilengkapi dengan pengisian daya 10W menggunakan kabel. Meskipun bukan pengisian daya nirkabel yang lebih cepat, pengisian daya kabel 10W tetap memberikan kecepatan pengisian yang memadai dan memungkinkan Anda untuk mengisi daya baterai dengan cepat saat dibutuhkan.

Dengan kapasitas baterai yang cukup dan pengisian daya yang efisien, Nokia 5.3 memastikan Anda dapat menggunakan ponsel Anda sepanjang hari tanpa khawatir kehabisan daya.

Harga Nokia 5.3 dan Lainnya

  • Warna: Charcoal, Cyan
  • Model: TA-1234, TA-1223, TA-1227, TA-1229
  • Tingkat SAR: 1.03 W/kg (kepala) 0.95 W/kg (tubuh)
  • Tingkat SAR EU: 0.70 W/kg (kepala) 1.39 W/kg (tubuh)
  • Harga: 2.999.999,00 untuk RAM 6GB dan Internal 64GB

Nokia 5.3 tersedia dalam beberapa pilihan warna yang menarik, yaitu Cyan, Sand, dan Charcoal. Anda dapat memilih warna yang sesuai dengan preferensi Anda untuk menambah gaya dan kepribadian pada ponsel Anda.

Ponsel ini memiliki beberapa model yang berbeda, termasuk TA-1234, TA-1223, TA-1227, dan TA-1229. Setiap model mungkin memiliki perbedaan kecil dalam spesifikasi atau ketersediaan di wilayah tertentu.

Tingkat SAR (Specific Absorption Rate) adalah ukuran tingkat radiasi yang diserap oleh tubuh saat menggunakan ponsel. Nokia 5.3 memiliki tingkat SAR sebesar 1.03 W/kg untuk kepala dan 0.95 W/kg untuk tubuh. Di wilayah Uni Eropa, tingkat SAR untuk kepala adalah 0.70 W/kg dan untuk tubuh adalah 1.39 W/kg. Ponsel ini memenuhi standar keamanan yang ditetapkan.

Harga Nokia 5.3 dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 64GB adalah Rp2.999.999,00. Harga ini dapat bervariasi tergantung pada penawaran dan lokasi pembelian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.