Samsung Galaxy A74 5G: Spesifikasi dan Kelebihannya

0 7,352

RuangcahayaSamsung Galaxy A74 5G adalah salah satu smartphone terbaru dari Samsung yang hadir dengan fitur-fitur canggih. Dengan dukungan jaringan 5G, Samsung Galaxy A74 5G mampu memberikan kecepatan internet yang lebih cepat. Selain itu, smartphone ini juga memiliki kamera yang mumpuni dan baterai yang tahan lama. Berikut adalah spesifikasi Samsung Galaxy A74 5G dan beberapa kelebihannya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A74 5G

Berikut adalah spesifikasi Samsung Galaxy A74 5G:

No.SpesifikasiDetail
1.Desain dan Layar– Dimensi: 159,8 x 74,5 x 8,4 mm
– Bobot: 190 gram
– Layar: Super AMOLED 6,5 inci, resolusi 1080 x 2400 piksel
– Rasio Aspek: 20:9
2.Kamera– Kamera Belakang: 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 5 MP (depth)
– Kamera Depan: 16 MP (wide)
3.Performa– Prosesor: Qualcomm Snapdragon 750G 5G (8 nm)
– CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 570 & 6×1.8 GHz Kryo 570)
– GPU: Adreno 619
– Sistem Operasi: Android 11, One UI 3.1
– Memori Internal: 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM
– Slot MicroSD: Tersedia (shared SIM slot)
4.Baterai dan Pengisian– Baterai: Li-Po 5000 mAh, tidak dapat dilepas
– Pengisian: Pengisian cepat 25W
5.Konektivitas– Jaringan: 5G, 4G, 3G, 2G
– Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac
– Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
– GPS: Ya, dengan A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
– Port: USB Type-C 2.0, jack audio 3,5mm
Spesifikasi Samsung Galaxy A74 5G

Kelebihan Samsung Galaxy A74 5G

1. Dukungan Jaringan 5G

Dengan dukungan jaringan 5G, Samsung Galaxy A74 5G mampu memberikan kecepatan internet yang lebih cepat dan stabil. Pengguna akan dapat melakukan streaming video, bermain game online, atau mengunduh file dengan lebih mudah dan tanpa buffering.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Menggunakan CCTV Melalui Handphone Android

Ponsel Samsung Galaxy A74 5G juga mendukung beberapa pita frekuensi 5G, termasuk 5G SA / NSA / Sub6 / mmWave. Ini berarti bahwa ponsel ini dapat terhubung ke jaringan 5G apa pun yang disediakan oleh penyedia layanan di daerah pengguna.

Dukungan jaringan 5G pada Samsung Galaxy A74 5G juga membuka pintu untuk pengalaman pengguna yang lebih baik dalam berbagai hal, seperti streaming video berkualitas tinggi, gaming online, dan penggunaan aplikasi berat yang memerlukan koneksi internet yang cepat dan stabil.

2. Layar Super AMOLED

Samsung Galaxy A74 5G memiliki layar Super AMOLED 6,5 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Layar ini menawarkan gambar yang tajam, kaya warna, dan detail yang memukau. Dengan teknologi Super AMOLED, layar Samsung Galaxy A74 5G memiliki tingkat kecerahan dan kontras yang tinggi, yang membuat pengalaman menonton video atau bermain game semakin menyenangkan.

Layar Samsung Galaxy A74 5G juga dilengkapi dengan rasio aspek 20:9, yang membuat tampilan layar semakin lapang dan lebih nyaman untuk menonton video atau browsing web. Selain itu, ponsel ini juga memiliki layar dengan refresh rate 90Hz, yang memungkinkan tampilan gambar semakin halus dan responsif saat digunakan.

Selain itu, layar Samsung Galaxy A74 5G juga dilengkapi dengan fitur perlindungan mata, seperti mode malam dan filter cahaya biru, yang membantu mengurangi ketegangan mata saat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

3. Kamera yang Mumpuni

Samsung Galaxy A74 5G hadir dengan sistem kamera yang mumpuni, baik pada bagian depan maupun belakang. Pada bagian belakang, terdapat empat kamera yang terdiri dari kamera utama 64 MP (wide), kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 5 MP, dan kamera depth 5 MP. Dengan sistem kamera yang mumpuni ini, pengguna bisa menghasilkan foto yang tajam dan jernih dengan kualitas yang baik.

Kamera utama Samsung Galaxy A74 5G dengan resolusi 64 MP dapat menangkap detail gambar yang luar biasa, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar yang berkualitas tinggi dalam kondisi cahaya yang rendah. Sementara itu, kamera ultrawide 8 MP memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar yang lebih luas dan menghasilkan efek sudut pandang yang lebih dramatis.

Baca Juga:  Lenovo Ideapad Gaming 3 36ID: Review Laptop Gaming Sempurna

Kamera makro 5 MP dan kamera depth 5 MP juga menjadi tambahan yang berharga pada sistem kamera Samsung Galaxy A74 5G. Kamera makro memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar objek dari jarak dekat dengan detail yang luar biasa, sementara kamera depth memberikan efek bokeh yang menawan pada gambar potret.

Tidak ketinggalan, Samsung Galaxy A74 5G juga dilengkapi dengan kamera depan 16 MP yang cukup mumpuni. Kamera ini mampu menghasilkan gambar selfie berkualitas tinggi dengan fitur-fitur seperti mode potret, HDR, dan lain-lain.

4. Performa yang Tangguh

Samsung Galaxy A74 5G mengusung performa yang tangguh dengan didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 750G 5G yang merupakan prosesor kelas menengah terbaru. Prosesor ini memiliki fabrikasi 8nm dan dilengkapi dengan delapan inti (Octa-core) yang terdiri dari 2 inti Kryo 570 berkecepatan 2,2 GHz dan 6 inti Kryo 570 berkecepatan 1,8 GHz.

Prosesor Snapdragon 750G 5G hadir dengan performa yang lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya, Snapdragon 730G, terutama dalam hal gaming dan performa AI. Dengan prosesor yang tangguh ini, pengguna dapat menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar dan memainkan game berat dengan baik.

Samsung Galaxy A74 5G juga dilengkapi dengan RAM yang cukup besar, yaitu 6GB atau 8GB, sehingga memungkinkan pengguna untuk menjalankan banyak aplikasi dan game berat tanpa masalah. Selain itu, ponsel cerdas ini juga memiliki memori internal sebesar 128GB yang dapat diperluas dengan menggunakan kartu microSD.

Performa yang tangguh ini juga didukung oleh sistem operasi terbaru, Android 11, yang diintegrasikan dengan antarmuka pengguna One UI 3.1. Sistem operasi ini menawarkan berbagai fitur dan peningkatan performa yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna.

5. Baterai yang Tahan Lama

Samsung Galaxy A74 5G hadir dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang tahan lama dan tidak dapat dilepas. Baterai ini dapat bertahan hingga seharian penuh dengan penggunaan normal. Jika digunakan secara intensif, baterai ini dapat bertahan hingga 1,5 hari sebelum perlu diisi ulang.

Baca Juga:  Infinix Note 12 Pro 5G: Smartphone Canggih dengan Performa Terbaik

Selain itu, Samsung Galaxy A74 5G juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat 25W yang dapat mengisi daya baterai dengan cepat dan efisien. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengisi daya baterai hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit saja.

Fitur pengisian cepat ini memungkinkan pengguna untuk tidak perlu menunggu lama untuk mengisi ulang baterai ketika sedang terburu-buru. Selain itu, Samsung Galaxy A74 5G juga dilengkapi dengan fitur penghemat daya baterai yang dapat memperpanjang umur baterai dan mengoptimalkan penggunaan daya baterai.

6. Harga Samsung Galaxy A74

Harga untuk varian tertinggi Samsung Galaxy A74 5G yaitu 8GB RAM dan 256GB memori internal adalah sekitar 10 juta rupiah. Harga tersebut mungkin tergolong cukup mahal dibandingkan dengan varian lainnya. Namun, dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh ponsel ini, harga tersebut sebanding dengan performa dan fitur yang dimiliki.

Varian 8GB RAM dan 256GB memori internal pada Samsung Galaxy A74 5G cocok untuk pengguna yang membutuhkan penyimpanan yang lebih besar dan memori yang lebih tinggi untuk menjalankan aplikasi dan game berat. Harga yang ditawarkan mungkin terbilang tinggi, namun pengguna akan mendapatkan performa yang lebih optimal dan kecepatan yang lebih responsif.

Namun, bagi pengguna yang memiliki anggaran lebih terbatas, varian Samsung Galaxy A74 5G dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB bisa menjadi pilihan yang lebih hemat. Varian ini ditawarkan dengan harga sekitar 5 juta rupiah, yang tergolong cukup terjangkau untuk ponsel 5G dengan spesifikasi yang mumpuni.

FAQs:

1. Apakah Samsung Galaxy A74 5G sudah dilengkapi dengan proteksi layar?

Ya, Samsung Galaxy A74 5G sudah dilengkapi dengan proteksi layar Gorilla Glass 5.

2. Apakah Samsung Galaxy A74 5G sudah mendukung NFC?

Ya, Samsung Galaxy A74 5G sudah mendukung NFC.

3. Berapa harga Samsung Galaxy A74 5G di Indonesia?

Harga untuk varian Samsung Galaxy A74 5G dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB dijual dengan kisaran harga sekitar 5 jutaan rupiah. Sementara itu, untuk varian yang lebih tinggi yaitu Samsung Galaxy A74 5G dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB dijual dengan kisaran harga sekitar 10 jutaan rupiah.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A74 5G dapat menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna yang menginginkan ponsel dengan spesifikasi mumpuni dan jaringan 5G namun dengan harga yang masih terjangkau. Ponsel ini menawarkan layar Super AMOLED yang indah, kamera yang mumpuni, performa yang tangguh, baterai yang tahan lama, serta dukungan jaringan 5G yang membuat pengguna dapat merasakan kecepatan internet yang lebih cepat.

Meskipun harganya relatif tinggi, namun dengan segudang fitur yang dimilikinya, Samsung Galaxy A74 5G dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, Samsung sebagai produsen juga sudah terkenal dengan kualitas dan layanannya yang baik sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan masalah purna jual dan dukungan teknis.

Bagi yang masih merasa ragu untuk membeli Samsung Galaxy A74 5G, bisa mencari informasi lebih lanjut dan membaca ulasan-ulasan dari pengguna lainnya untuk memastikan apakah ponsel ini sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Namun, secara keseluruhan, Samsung Galaxy A74 5G bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna yang menginginkan ponsel dengan spesifikasi mumpuni dan jaringan 5G namun dengan harga yang masih terjangkau.

Sekian informasi mengenai Samsung Galaxy A74 5G. Bagikan informasi ini kepada teman-teman Anda yang sedang mencari ponsel baru dan jangan lupa tuliskan komentar di bawah mengenai pendapat dan pengalaman Anda menggunakan Samsung Galaxy A74 5G.

Leave A Reply

Your email address will not be published.